Beranda > Kamera > The Fun Speed Camera

The Fun Speed Camera

Ingin menerapkan peraturan yang efektif untuk membatasi kecepatan pengendara motor atau mobil pada ruas-ruas jalan tertentu? Mungkin ide Kevin Richardson ini bisa diterapkan di Indonesia.

Kevin memenangkan Volkswagen’s The Fun Theory, sebuah kontes untuk menciptakan sistem yang membuat peraturan batas kecepatan jadi menyenangkan untuk ditaati. Kompetisi yang dimenangkannya Januari lalu ini, sekarang diterapkan di Stockholm, Swedia.Fun Speed Camera

Speed Camera adalah semacam alat penertiban lalu lintas berupa kamera yang diletakkan di pinggir jalan, yang fungsinya memotret/mengambil gambar pengguna jalan yang melebihi batas kecepatan yang ditentukan. Kemudian pihak yang berwenang akan memberi sanksi denda kepada pemilik kendaraan tersebut.

Nah, fun speed camera hasil kreasi Kevin ini bukan hanya memotret pelanggar batas kecepatan, namun juga memotret pengguna jalan yang menaati peraturan, untuk kemudian pemilik kendaraan itu diikutkan dalam sebuah undian. Undian? Ya. Para pengendara yang taat peraturan ini memiliki kesempatan untuk memenangkan sejumlah hadiah dengan cara diundi. Dan hadiahnya berasal dari denda-denda yang dikumpulkan dari para pelanggar batas kecepatan. Sebuah ide yang cerdas dan simpel. Peraturan baru ini terbukti menorehkan hasil pada uji coba 3 hari pertamanya. Sekitar 25.000 kendaraan melewati kamera ini, tercatat adanya pengurangan kecepatan rata-rata 22%.

Sumber: Gadget Lab, Oh Gizmo

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: