Beranda > Energi, Teknologi > Hybird Energy Harvesting Device

Hybird Energy Harvesting Device

Sebagian dari kita tentu pernah mendengar alat yang bisa menghasilkan energi listrik dari energi cahaya. Di lain sisi, ada juga alat yang bisa menghasilkan energi listrik dari energi panas. Fujitsu, baru-baru ini mengembangkan sebuah alat yang bisa digunakan untuk menghasilkan tenaga listrik baik dari energi cahaya maupun dari energi panas, secara bersamaan. Beberapa waktu lalu, ungkap mereka, manusia mencoba untuk menggabungkan dua alat energy harvesting itu, yang ujungnya biaya pembuatannya menjadi lebih mahal. Nah, Fujitsu telah mengembangkan teknologi yang memungkinkan kedua sumber energi itu bisa diubah menjadi listrik hanya dengan satu alat. Itu artinya, dengan satu alat itu, kita bisa menghasilkan energi listrik dari kedua sumber energi (panas dan cahaya) secara bersamaan. Lalu mengapa hal ini menjadi istimewa? Karena harga pembuatannya cenderung ekonomis.

Cahaya dan panas adalah energi yang bisa dengan mudah kita jumpai di mana saja dan kapan saja. Maka device ini bisa digunakan di semua waktu tanpa khawatir terjadi kekurangan energi. Menurut Fujitsu, alat ini bisa dikembangkan untuk kepentingan medis, misalnya menjadi sensor untuk memonitor aktivitas atau kondisi tubuh seperti suhu tubuh, tekanan darah, dan detak jantung – tanpa baterai dan kabel-kabel elektronik. Bisa juga digunakan untuk kepentingan penelitian lingkungan, seperti perkiraan cuaca di tempat-tempat terpencil.

Dengan mengubah sirkuit elektronik yang menghubungkan dua tipe semikonduktor – tipe N dan tipe P – alat ini bisa berfungsi baik sebagai photovoltaic cell atau thermoelectric generator.

Fujitsu Laboratories akan terus mengembangkan alat ini untuk meningkatkan kemampuannya. Hybird Device ini rencana akan dipasarkan di tahun 2015.

Sumber: Gadget, Crunchgear, Fujitsu

Iklan
  1. 10 Oktober 2013 pukul 2:24 am

    Some of the perfectly working solutions such as the weight loss surgeries are hidden beneath the mountain of weight loss scams.
    The CJC-1295 is a product that was produced to assist AIDs
    patients that are obese to contend with fat deposits. Data
    from the Center for Disease Control shows that over 60
    percent of Americans are classified as overweight or obese.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: