Beranda > Android, Handphone, Internet > Nexiandroid, Gadget Penyita Perhatian

Nexiandroid, Gadget Penyita Perhatian

Nexian Journey, smartphone keluaran Nexian ini cukup menyita perhatianku akhir-akhir ini hingga blog ini kosong dari tulisan 3 hari ini. Apa sebab? Selasa kemarin, ada salah seorang di kantorku yang membeli hp ini, lalu beliau mendemonstrasikan fitur-fiturnya (hanya sebagian saja) dikelilingi teman-teman kantor.

Aku tertarik. Aku tertarik melihat tampilan antamukanya yang atraktif dan touchscreennya yang sensitif.

Kemarin sedang ada promo. Nexian NX A890, nama resmi Journey, dihargai hanya Rp1.056.000,00. Harga yang sangat murah, mengingat harga awalnya yang 3 juta, atau harga resminya baru-baru ini yang 2 juta. Kalaupun aku berpikir harga itu masih terlalu mahal, bundlingnya dengan 3 mampu membuatnya lebih murah lagi. Bayangkan, dengan harga 1,056 juta, si Journey ini sudah dilengkapi dengan internet gratis dengan quota 2GB per bulan selama setahun (paket inernet 3 2GB sebulan harganya 50 ribu). Ini kalau dihitung secara sederhana, berarti harga Journey hanya 400 ribu! Wow, harga yang cukup fantastis mengingat beberapa bulan lalu orang-orang masih beli dengan harga 2 juta, bahkan lebih.

Sebenarnya tidak heran sih, dengan harga murah yang ditawarkan Nexian, sebab Android (sistem operasi yang digunakan di Journey -tepatnya Android 1.6 aka Donut) merupakan OS open source, kode sumber terbuka, free, gratis, boleh juga dibajak.

Kembali ke cerita awal. Akhirnya aku tertarik untuk membelinya. Awalnya… Awalnya aku berniat membelinya dengan tujuan dijual lagi. Oh ya, jadi harga 1,056 itu hanya disediakan bagi orang-orang yang mau membayar menggunakan kartu kredit (hmm..apa tujuannya juga aku tidak tahu persis). Jadi, aku dan beberapa teman kantor (sekarang Journey community di lantaiku saja sudah mencapai 10 lebih berawal dari demo itu!) membeli lewat teman yang punya kartu kredit seharga 1,3 juta. Namun akhirnya, atas nasihat temanku, akhirnya aku memutuskan untuk menggunakannya sendiri alih-alih kujual lagi. Sebab, banyak yang bisa dipelajari pastinya dari smartphone ini. Apalagi ini smartphone pertama yang kumiliki, di samping Android pertama yang kumiliki. Oya, soal Android, meskipun dia open source, namun komunitasnya yang kian berkembang akhir-akhir ini membuat dia banyak diminati oleh masyarakat.

Akhirnya aku gunakan hp yang layarnya lebih lebar dan touch screennya lebih bagus daripada Nokia 5800 ini, dengan salah satu tujuan agar bisa mengenal lebih dalam tentang Android ini.

Hingga saat ini masih belum banyak hal-hal yang kupelajari, terkait fitur-fitur yang ada di Android Donut ini, bagaimana cara upgrade ke eClair atau bahkan ke Froyo, rooting (2 yang kusebutkan terakhir ini terus mengalami perkembangan, dan berisiko tingggi bila aku gegabah untuk mencobanya tanpa tahu solusinya bila aku gagal melakukannya), dan terutama mengenai Android itu sendiri.

Oke. Cukup sekian ceritaku, semoga ini bisa menjadi penawar (bagi diriku sendiri yang ingin blog ini terus diisi setiap hari dengan postingan baru) agar blog ini terus hidup.

Tulisan ini diposting dari WordPress for Android. -agak susah pakainya, belum terbiasa dan kurang lengkap dibandingkan versi aslinya- (kecuali penambahan gambar, “More/Baca tulisan lebih lanjut”, penambahan kategori “Android”, dan spasi antar paragraf yang menggunakan laptop” –> entah mengapa jarak enter dari hp berbeda dengan jarak enter dengan laptop)

Iklan
  1. 16 Agustus 2013 pukul 4:37 am

    Thanks for your personal marvelous posting!

    I truly enjoyed reading it, you will be a great author.I will be sure to bookmark your blog and may come back later in life.
    I want to encourage you continue your great job, have a nice day!

  2. 19 Agustus 2014 pukul 10:11 am

    I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you create
    this website yourself or did you hire someone to do it for you?
    Plz reply as I’m looking to create my own blog and would like to know where u got this from.
    kudos

  1. 22 Desember 2010 pukul 3:15 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: