Beranda > Android, Handphone, Kamera > Journey With Nexiandroid 2

Journey With Nexiandroid 2

image

Ya… Beberapa hari berlalu setelah sempat berpisah dengan Nexiandroidku ini karena servis LCD yang kena dead pixel. Alhamdulillah,  sekarang sudah beres. 3 hari kerja selesai. Kamis minggu kemarin masuk, Selasa sudah bisa diambil (soalnya Jum’at libur). Sengaja, aku tetap mempertahankan Donut dan tidak upgrade ke Eclair, karena ingin coba upgrade sendiri.

Selama beberapa hari ini aku mencoba mencari cara-cara atau tutorial upgrade ke Eclair dari forum-forum yang kutemukan saat Googling, juga aplikasi-aplikasi yang berguna, atau paling tidak bagus menurutku. Hasil googling beberapa hari ini lumayan memperoleh hasil juga, meskipun bisa dibilang juga masih sedikit hal-hal baru yang kueksplor.


Satu aplikasi yang kubeli. Vignette. Di market tersedia Vignette Demo. Vignette adalah tools untuk kamera. Jika aplikasi kamera bawaan/default hanya menyediakan sedikit fitur untuk mengatur cara pengambilan gambar dari kamera, maka Vignette menyediakan jauh lebih banyak personalisasi dan efek-efek yang bisa kita gunakan tanpa harus repot-repot mengeditnya dengan GIMP, Photoshop, atau software serupa. Beda Vignette Demo dan berbayar, versi demo hanya mengijinkan pengambilan gambar dengan kualitas setingkat kamera 0,3 MP. Sedangkan versi berbayar bisa digunakan sampai setinggi kemampuan yang dimiliki oleh kamera bawaan (dalam hal ini Nexiandroid punya kapasitas 5 MP, dan Vignette bisa support hingga 8 MP. Aplikasi ini bisa diperoleh di AndAppStore dengan harga 2,49 poundsterling atau 3,9 sekian US$, kubeli dengan Paypal (itu harga kemarin, 30 Desember 2010). Hasilnya cukup bagus. Hanya saja memang, kamera yang diembed di Nexiandroid ini pada dasarnya kurang bagus, jadi hasilnya juga kurang ‘profesional’ (meskipun itu dipengaruhi juga oleh orangnya). Hasil kamera Journey jauh bila dibandingkan hasil kamera Nokia 5800 yang hanya 3,2 MP. Gambar di atas adalah hasil foto dengan Vignette menggunakan efek Tilt-Shift posisg Landscape.

Itu aplikasi menyangkut kamera. Sekarang aplikasi yang menyangkut tampilan/theme. Beberapa kali aku mencoba install theme yang me-replace theme asli, atau ‘Home’ lebih tepatnya. Jadi ternyata untuk menemukan theme yang gampang diinstal secara langsung di Journey itu susah juga. Pasalnya begini, ternyata theme-theme yang ada di market itu hanya bisa dipakai untuk home tertentu. Home itu seperti theme induk, dan tiap theme anak hanya bisa digunakan di satu atau beberapa theme induk/home. Bawaan Journey adalah HOME. Dan susah sekali aku cari theme anakannya di market. Beberapa home yang sudah pernah kucoba adalah Panda Home, ADW.Launcher, Home Lite (kalau tidak salah ingat, namanya itu). Salah satu kekurangan yang ada di market adalah aku kesulitan mencari keyword yang sesuai dengan aplikasi yang aku maksud. Contohnya, ketika aku menulis ADW Launcher, di market muncul puluhan theme anakan dari ADW. Susah bagiku menemukan Launcher yang sesungguhnya karena tertimbun di bawah child themes yang seabrek itu. Begitu pula ketika mencari GDE, sampai tadi terakhir mencoba, aku belum menemukannya (apa mungkin memang tidak tersedia di market a.k.a ambil dari tempat lain? Atau… Donut tidak  support? Hmm…

Sekarang aplikasi hiburan, yang mungkin bisa digunakan untuk sekedar untuk melepaskan penat ketika lelah melanda badan kita. (Aku lupa nama persisnya. Paling tidak namanya mirip-miriplah dengan yang kusebutkan di sini) Mungkin tepatnya aplikasi aneh, bukan aplikasi hiburan. SchottGun, sejenis dengan AK47, simulasi sederhana yang aneh yang mengeluarkan suara tembakan ketika handset digerak-gerakkan. Atau Steamy Window, yang mengubah layar seperti jendela buram berembun tebal. Tangan kita bisa digunakan untuk membersihkannya seperti kita mengusap jendela mobil ketika hujan. Layar bisa di-embun-kan kembali dengan meniup sensor suara di bawah layar.

Irulah sedikit perjalananku denganNexiandroid. Dan perjalanan masih terus berlanjut, insya allah.

Posting ini diluncurkan dari WordPress for Android.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: