Beranda > Android, Handphone > Journey With Nexiandroid 3

Journey With Nexiandroid 3

Official Eclair dari Nexian

Setelah membaca beberapa tutorial untuk nge-root, upgrade ROM, dan semacamnya, akhirnya pada hari Kamis, 29 Desember kemarin, aku memberanikan diri untuk mencoba upgrade ROM ke Eclair. Oya, sebelumnya, sebenarnya ROM adalah Random Access Memory, atau suatu tempat di mana pabrikan biasanya menaruh Operating System (OS, dalam hal ini Android) di dalamnya. Namun dewasa ini pengertian ROM cenderung berubah ke OS itu sendiri. Jadi upgrade ROM maksudnya adalah upgrade OS, atau upgrade Android.

Dari beberapa tutorial yang kubaca, inti yang kudapatkan dari cara upgrade ROM ini adalah:

  1. Meng-install aplikasi di komputer (dalam hal ini aku menggunakan Windows) yang bernama RUT. RUT adalah ROM Upgrade Tool, atau peralatan yang dibutuhkan untuk meng-upgrade ROM. Aplikasi ini sangat sederhana tampilannya –menurutku-, tidak ada tab menu, tidak ada help, yang ada hanya jendela berisi perintah Next, Back, Cancel, dan instruksi sederhana bagaimana cara mengoperasikan handphone-nya.
  2. Meng-install driver handphone Nexian ini. Dalam mode biasa, ketika handphone hidup dan dicolokkan ke USB, komputer akan langsung men-detect si Journey. Namun driver yang ini lain. Driver ini berfungsi untuk membaca handphone yang hidup dalam mode recovery (atau beberapa mode yang lainnya selain mode normal). Tanpa ini, RUT tidak bisa mendeteksi keberadaan Journey.
  3. Mengunduh file Official Eclair dari Nexian. File ini memiliki ekstensi *.nb0. Inilah cikal bakal Eclair yang nantinya akan me-replace Donut yang sudah ada.
  4. Sudah. Itu saja yang kupahami dari membaca beberapa tutorial yang ada.

Kamis kemarin, aku coba upgrade. Tapi ternyata gagal. Karena, dari tutorial yang kubaca, butuh Windows XP minimal SP 3, sementara komputer yang kupakai di bawah SP 3. Akhirnya kubatalkan misi itu. Lalu hari Jumat, kemarin, aku sedang mencoba rooting menggunakan one click program, z4root, kurasa lama sekali tidak juga selesai prosesnya, ketika itulah temanku datang. Dia punya laptop dengan Windows 7 di dalamnya. Aku memutuskan untuk mencoba upgrade di laptopnya. Kusiapkan file-file yang kubutuhkan, kuinstall RUT di laptopnya, restart komputer, dan mulailah proses itu.

***

Tidak memakan waktu lama, mungkin hanya sekitar 10-15 menit sejak proses upgrade melalui RUT dimulai, Journey-ku sudah berhasil di-upgrade, berubah menjadi Eclair. Gambar di atas itulah screenshot dari Journey-ku ketika dalam keadaan terkunci.

Alhamdulillah, cukup mudah menurutku. Aku yang masih newbie dan belum pernah mencoba upgrade sebelumnya bisa dengan mudah upgrade Journey milikku. Tapi ada sedikit pertanyaan yang masih mengganjal dalam benakku…

***

Setelah aku selesai dan berhasil memunculkan wajah baru dalam handsetku, aku mencoba upgrade lagi Journey milik temanku. Namun apa yang terjadi?

GAGAL.

Ya. Gagal. Langkah yang kulakukan kubuat sepersis mungkin dengan langkah-langkah yang kujalani saat upgrade milikku. Namun gagal. Ada semacam tulisan yang menunjukkan error berwarna merah di jendela RUT. Aku sudah coba masuk mode download, namun nihil. Tulisan itu tetap ada dan upgrade tetap gagal. Syukurlah, ketika direstart seperti biasa, Journey kembali ke Donut secara utuh, tidak menampakkan tanda-tanda kerusakan sama sekali. Jadi meskipun gagal upgrade, dia kembali ke Donut secara normal tanpa ada kerusakan sama sekali (setidaknya itulah yang terlihat: tidak ada kerusakan sama sekali).

Itulah pertanyaanku: Mengapa punyaku berhasil diupgrade dengan sempurna, sementara milik temanku gagal? Apa kemungkinan-kemungkinan penyebabnya? Dan bagaimana solusi-solusinya?

Sebenarnya aku ingin posting tutorial sederhana cara upgrade ini, mengingat kemudahan proses kerjanya, namun urung kulakukan, karena aku tidak bisa support jika terjadi kerusakan, atau, handphone jadi bricked, karena aku pun masih belum mengerti kemungkinan-kemungkinan apa saja yang bisa terjadi ketika handphone gagal diupgrade. Apa artinya posting tutorial jika aku sendiri tidak bisa support ketika terjadi kegagalan/kerusakan?

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. 3 Januari 2011 pukul 9:13 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: