Beranda > Android > Mengembalikan ROM Original Nexian – Journey With Nexiandroid 7

Mengembalikan ROM Original Nexian – Journey With Nexiandroid 7

image

Akhirnya… Tutorial. Meskipun sudah banyak yang menulis tutorial, gapapalah… Sebagai pembelajaran untuk diri sendiri juga.

Warning! Baca dengan seksama tutorial ini. Aku tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi pada handset pembaca yang rusak karena mengikuti tutorial ini.

Di dalam Thread Diskusi Device Z71 di Kaskus, kita bisa dapatkan banyak tutorial, trik dan tips yang cukup bermanfaat untuk menghadapi handset Nexiandroid kita ini, atau kloningannya dari merk lain. Salah satu tutorialnya adalah cara mengembalikan Journey ke ROM originalnya, official Eclair, beserta recovery imagenya, dan booting imagenya bila sudah berubah. Tutorial ini dibuat oleh agan dhaway.

Terus terang aku belum pernah mencoba tutorial itu. Aku justru menemukan tutorial yang lebih mudah dari XDA-Developers, terutama cara mengembalikan recovery imagenya. Aku di sini bukan ingin mengkritik ataupun menggurui orang lain, apalagi kemampuanku dalam menguprek terhitung masih dalam kategori newbie. Aku hanya ingin sharing, bagaimana aku mengembalikan ROM Original dengan cara yang mudah, standalone, tanpa perlu komputer, dan dalam waktu yang singkat (perhatian: aku mengatakan mengembalikan ROM original belum terbukti secara klinis karena aku belum datang ke Nexian Center untuk membuktikannya secara langsung. Yang kulihat hanya recovery image, booting image, dan ROM sudah kembali seperti keadaan original). Oke, langsung kita mulai tutorialnya.


Hal-hal yang harus diperhatikan

  • Pastikan baterai Journey dalam keadaan penuh (Sebenarnya tidak perlu penuh. Namun semakin banyak baterai, semakin kecil kemungkinan hp mati saat proses pengembalian ROM sedang berlangsung, yang artinya semakin kecil pula kemungkinan hp rusak.)
  • Pastikan kualitas SD Card bagus (sesuai forum-forum yang kubaca, kurekomendasikan mengganti SD Card dengan yang bagus. Sebagai catatan, aku menggunakan SD Card bawaan, karena punyaku kuanggap masih bagus. Tapi sekali lagi, aku tidak menyarankanmu menggunakan SD Card bawaan.)

Tahap Persiapan

  1. Pastikan Journey dalam keadaan rooted. (Biasanya custom ROM sudah dalam keadaan rooted. Jika belum, googling file z4root.apk untuk me-root Journey dalam satu klik.)
  2. Cari file original recovery image milik Nexian, taruh di SD Card, jangan di dalam folder, beri nama terserah yang mudah diingat (punyaku kunamai original-recovery.img).
  3. Cari file ROM original Eclair dari Nexian, taruh di SD Card, beri nama firmware.nb0 (file nomor 2 dan 3 ini bisa diunduh dari link yang terdapat di tutorial di Kaskus Diskusi Thread Z71.).
  4. Install aplikasi dari market yang bernama Android Terminal Emulator buatan Jack Palevich, atau Android Terminal buatan linxmap (Jika keyboard tidak mau muncul pada penggunaan Android Terminal Emulator -seperti yang kualami sekarang pada CMLeclair 1.3 -, maka gunakan Android Terminal.)

Oke. Setelah semuanya siap, kita bisa lanjutkan ke tahap eksekusi.

Tahap Eksekusi

  1. Jalankan Terminal. Langkah awal, kita ubah recovery image menjadi recovery image asli punya Nexian. Jalankan terminal, ketik su. Kemudian tekan Enter (pada Android Terminal Emulator, tekan Enter. Pada Android Terminal, tekan tombol mirip tombol Play di samping kanan kotak tulisan.). Akan muncul jendela konfirmasi dari Superuser untuk memberikan Terminal akses sebagai admin. Pilih Allow. Kemudian ketik flash_image recovery /sdcard/original-recovery.img (original-recovery.img diganti dengan nama file sesuai penamaanmu), tekan Enter. Pada Android Terminal Emulator, akan muncul baris tulisan flashing recovery image bla bla bla… Pada Android Terminal, akan muncul notifikasi Excecuting flash_image recovery bla bla bla.
  2. Matikan hp. Hidupkan lagi ke recovery mode (tekan dan tahan tombol volume up dan kamera, lalu tekan tombol power). Pilih wipe data/factory reset. Setelah Journey selesai di-wipe, pilih ‘download file nb0 from sdcard.’ Hp kemudian akan masuk download mode. Setelah selesai, (aku agak lupa, sepertinya) akan kembali ke recovery mode. Kembali pilih ‘wipe data/factory reset’. Lalu ‘reboot now.’

Troubleshooting

Aku tidak tahu persis apa saja masalah yang bisa terjadi ketika proses pengembalian ini berlangsung. Tapi paling tidak, ada dua hal yang bisa terjadi terkait proses penggantian ROM/recovery image yang pernah kualami:

  • Ketika hp dihidupkan dalam mode normal atau biasa, dia hanya memperlihatkan lambang Nexian, mengeluarkan nada pertama kali hp dihidupkan, lalu kembali mati dan hidup kembali dan proses itu kembali berulang. Itu bisa disebabkan karena hp tidak di-wipe setelah ganti ROM. Yang kulakukan untuk menangani masalah itu, baterai kucabut, masukkan kembali, kemudian wipe data dari recovery mode seperti pada pembahasan di atas.
  • Jika kamu ingin mengubah ROM ke original sementara sekarang kamu memakai ROM CMLeclair (seperti yang kualami), original recovery mode berjalan tidak normal, tulisan kadang-kadang hilang, dan ketika aku memilih ‘wipe data/factory reset, hp langsung mati. Oleh karena itu kita harus mereset hp dalam kondisi normal. Baru kemudian masuk recovery mode untuk mengganti ROM

Itulah sedikit tutorial untuk mengembalikan ROM original. Aku senang bila ada kritik membangun yang disampaikan pembaca, mengenai isi tutorialnya, maupun format penulisannya.

Iklan
  1. ciianggi
    28 Januari 2011 pukul 8:39 pm

    gan, share original recovery image nya dong. ane nyari gak ketemu2… thx

    • 14 Februari 2011 pukul 10:50 am

      maaf gan, baru bls. coba aja search, banyak kok. maaf, blm sempat upload nih..

  2. g l
    4 Oktober 2011 pukul 4:42 am

    wah agan ngasih tutor nya nanggung2,
    kasih link nya gitu gan..

  3. 9 Desember 2014 pukul 1:09 am

    Right here is the right web site for anybody who wishes
    to understand this topic. You realize a whole lot its almost tough to argue with you (not that I really will
    need to…HaHa). You definitely put a brand new spin on a subject
    which has been written about for ages. Great stuff, just great!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: